RPP Teknologi Layanan Jaringan



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(KD 3.4 dan 4.4)


Satuan Pendidikan
:
SMK NEGERI 1 LHOKSEUMAWE
Kelas/Semester
:
XI / I
Mata Pelajaran
:
Teknologi Layanan Jaringan
Materi Pembelajaran
:
     Aspek – Aspek Teknologi Komunikasi Data dan Suara
Alokasi Waktu
:
     12 X 45 MENIT ( 2 X PERTEMUAN)




A.     Kompetensi Dasar

 3.4. Memahami aspek-aspek teknologi komunikasi data dan suara .
 4.4. Menalar aspek-aspek teknologi komunikasi data dan suara

B.       Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.4.1.  menguraikan pengertian komunikasi suara dan komunikasi data.
3.4.2.  mengelompokkan bidang-bidang komunikasi data
4.4.1.  mempresentasikan pengertian komunikasi suara dan komunikasi data
4.4.2.  menunjukkan bidang-bidang komunikasi data

C.     Tujuan Pembelajaran

Berdasarkan pemberian fasilitas belajar di kelas, diharapkan :
1.       Melalui buku referensi peserta didik mampu menguraikan pengertian komunikasi suara dan komunikasi dataMelalui tanya jawab peserta didik bahan yang digunakan dalam perakitan komputer  secara lugas
2.      Melalui diskusi peserta didik mampu mengelompokkan bidang-bidang komunikasi data
3.      Melalui media presentasi  peserta didik mampu mempresentasikan pengertian komunikasi suara dan komunikasi data.
4.      Melalui contoh peserta didik mampu menunjukkan bidang-bidang komunikasi data.

D.    Materi Pembelajaran
1.      Pengertian komunikasi suara dan komunikasi data.
2.      Bidang-bidang komunikasi data.

E.      Pendekatan, Model dan Metode Pembelajaran
·           Pendekatan                    :  Study center (berpusat pada siswa)
·           Model Pembelajaran     :  Discovery Learning
·           Metode                           :  Paparan, diskusi, Tanya jawab, presentasi


F.      Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Pendahuluan

Orientasi, motivasi dan apersepsi

·      Ketua kelas memimpin do’a pada saat pembelajaran akan dimulai
·      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai peserta didik
·      Guru menjelaskan manfaat penguasan kompetensi dasar ini sebagai modal awal untuk menguasai pasangan kompetensi dasar lainnya yang tercakup dalam mata Teknologi Layanan Jaringan
·      Menjelaskan model pembelajaran dan teknik penilaian yang digunakan serta metodanya.


20 Menit

Kegiatan Inti


1.  STIMULATION (SIMULASI/PEMBERIAN RANGSANGAN)
·         Guru menayangkan Video/gambar dalam Pengertian komunikasi suara dan komunikasi data
·         Peserta didik mendengarkan dan memperhatikan tentang materi yang disampaikan oleh guru
·         Peserta didik bertanya pada teman atau guru tentang materi yang di sampaikan oleh guru

2.  PERNYATAAN / IDENTIFIKASI MASALAH
·         Guru membagikan handout tentang Pengertian komunikasi suara dan komunikasi data
·         Peserta didik melakukan observasi tentang Pengertian komunikasi suara dan komunikasi data
·         Guru mengarahkan siswa untuk menguraikan tentang Pengertian komunikasi suara dan komunikasi data

3.  DATA COLLETION (PENGUMPULAN DATA) 
·         Guru mengarahkan peserta didik mengumpulkan berbagai informasi tentang Pengertian komunikasi suara dan komunikasi data melalui dalam masing masing kelompok
·         Peserta didik secara berkelompok berdiskusi mengenai Pengertian komunikasi suara dan komunikasi
·         Peserta didik menggali berbagai informasi tentang Pengertian komunikasi suara dan komunikasi data

4.   VERIFICATION (PEMBUKTIAN)
·         Peserta didik melakukan pengujian terhadap Pengertian komunikasi suara dan komunikasi data
·         Peserta didik mempresentasi hasil pengamatan Pengertian komunikasi suara dan komunikasi data

5.   GENERALIZATION (MENARIK KESIMPULAN)
·         Peserta didik membuat simpulan tentang presentasi yang telah di buat.
·         Peserta didik mengamati dan memberi tanggapan
·         Guru memberi masukan
·         Guru memberi penguatan dan melengkapi kesimpulan



120 Menit




























120 Menit




Penutup

Rangkuman, refleksi, tes dan tindak lanjut
·         Peserta didik menanyakan hal yang masih ragu dan melaksanakan evaluasi
·         Guru membantu peserta didik untuk menjelaskan hal-hal yang diragukan sehingga informasi menjadi benar dan tidak terjadi kesalahpahaman terhadap materi
·         Peserta didik menyimpulkan materi dibawah bimbingan guru.
·         Guru melaksanakan penilaian pengetahuan melalui tes tertulis
·         Guru memberi tugas tindak lanjut untuk pertemuan selanjutnya.
·         Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.

40 Menit

Pertemuan ke 2
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Pendahuluan

Orientasi, motivasi dan apersepsi

·      Ketua kelas memimpin do’a pada saat pembelajaran akan dimulai
·      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai peserta didik
·      Guru menjelaskan manfaat penguasan kompetensi dasar ini sebagai modal awal untuk menguasai pasangan kompetensi dasar lainnya yang tercakup dalam mata Teknologi Layanan Jaringan
·      Menjelaskan model pembelajaran dan teknik penilaian yang digunakan serta metodanya.


20 Menit

Kegiatan Inti

1.  STIMULATION (SIMULASI/PEMBERIAN RANGSANGAN)
·         Guru menayangkan Video/gambar dalam Bidang-bidang komunikasi data
·         Peserta didik mendengarkan dan memperhatikan tentang materi yang disampaikan oleh guru
·         Peserta didik bertanya pada teman atau guru tentang materi yang di sampaikan oleh guru

2.  PERNYATAAN / IDENTIFIKASI MASALAH
· Guru membagikan handout tentang Bidang-bidang komunikasi data
·         Peserta didik melakukan observasi tentang Bidang-    bidang komunikasi data
·         Guru mengarahkan siswa untuk menguraikan tentang Bidang-bidang komunikasi data

3.  DATA COLLETION (PENGUMPULAN DATA) 
·         Guru mengarahkan peserta didik mengumpulkan berbagai informasi tentang bidang-bidang komunikasi data melalui dalam masing masing kelompok
·         Peserta didik secara berkelompok berdiskusi mengenai Bidang-bidang komunikasi data
Peserta didik menggali berbagai informasi Bidang-bidang komunikasi data
4.   VERIFICATION (PEMBUKTIAN)
·         Peserta didik melakukan pengujian terhadap Bidang-bidang komunikasi data
         Peserta  didik mempresentasi hasil pengamatan mengenai Bidang-bidang komunikasi data

5.   GENERALIZATION (MENARIK KESIMPULAN)
         Peserta didik membuat simpulan tentang presentasi yang telah di buat.
            Peserta didik mengamati dan memberi tanggapan
       Guru memberi masukan
           Guru memberi penguatan dan melengkapi kesimpulan



120 Menit




























120 Menit




Penutup

Rangkuman, refleksi, tes dan tindak lanjut
·         Peserta didik menanyakan hal yang masih ragu dan melaksanakan evaluasi
·         Guru membantu peserta didik untuk menjelaskan hal-hal yang diragukan sehingga informasi menjadi benar dan tidak terjadi kesalahpahaman terhadap materi
·         Peserta didik menyimpulkan materi dibawah bimbingan guru.
·         Guru melaksanakan penilaian pengetahuan melalui tes tertulis
·         Guru memberi tugas tindak lanjut untuk pertemuan selanjutnya.
·         Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.

40 Menit










G.       Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan

1.  INSTRUMEN DAN TEKNIK PENILAIAN

                                                       Penilaian Ranah Pengetahuan                  

KISI KISI SOAL
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
No. Soal
Bentuk Soal
Memahami aspek-aspek teknologi komunikasi data dan suara
Aspek – aspek komunikasi data dan suara
·  Pengertian komunikasi suara dan komunikasi data
·  Bidang-bidang komunikasi data
1.  Siswa dapat menguraikan pengertian komunikasi data dan suara

2.  Siswa dapat menguraikan bidang – bidang operasi komunikasi data

1


2

Uraian


Uraian
SOAL

Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan jelas

1.   Uraikan  pengertian komunikasi suara dan komunikasi data !!!

2.  Uraikan 7 (tujuh) Bidang operasi komunikasi data  !!!


KUNCI JAWABAN

1.      Pengertian komunikasi suara dan komunikasi data
Ø Merupakan jenis komunikasi yang paling umum digunakan berupa informasi yang disampaikan melalui perantara suara untuk didengarkan.
Ø Pengertian komunikasi data : merupakan gabungan dari teknik telekomunikasi dengan teknik pengolahan data.
-         Telekomunikasi adalah segala kegiatan yang berhubungan dengan penyaluran  informasi dari titik ke titik yang lain.
-         Pengolahan data adalah segala kegiatan yang berhubungan dengan pengolahan data; Gabungan kedua tehnik ini selain disebut dengan komunikasi data juga disebut dengan teleprocessing (pengolahan jarak jauh);
Ø Secara umum komunikasi data dapat dikatakan sebagai proses pengiriman informasi (data) yang telah diubah dalam suatu kodetertentu yang telah disepakati melalui media listrik atau elektro-optik dari titik ke titik yang lain;
Ø Sistem komunikasi data adalah jaringan fisik dan fungsi yang dapat mengakses komputer untuk mendapatkan fasilitas seperti menjalankan program, mengakses basis data, melakukan komunikasi dengan operator lain, sedemikian rupa sehingga semua fasilitas berada pada terminalnya walaupun secara fisik berada pada lokasi yang terpisah

2.  Bidang-bidang Operasi Komunikasi Data

a. Bidang Data Collection
Data dapat dikumpulkan dari beberapa tempat (remote station),disimpan dalam memori dan pada waktu - waktu tertentu data tersebut akan diolah.Contoh : aplikasi inventori, penggajian, dll.

b. Bidang Inquiry and Response
Pemakai dapat mengakses langsung ke file atau program. Data yang didikirimkan ke sistem Komputer dapat langsung diproses dan hasilnya dapat segera diberikan. Bila pemakai melakukan dialog dengan komputer maka sistem semacam ini disebut interaktif. Contoh : aplikasi perbankan, pembayaran dipertokoan.

c. Bidang Storage and Retrival
Data yang sebelumnya disimpan dalam komputer dapat diambil sewaktu - waktu oleh pihak yang berkepentingan. Contoh : aplikasi Message Switcing dan E-Mail.

d. Bidang Time Sharing
Sejumlah pemakai dapat mengerjakan programnya secara bersama-sama.Setiap pemakai diberikan kesempatan untuk bekerja selama jangka waktu tertentu yang tetap besarnya, setelah itu pemakai lain akan mendapatkan kesempatan. Kalau terlalu banyak data yang harus dikerjakan dalam satu satuan waktu fasilitas roll in-roll out harus dipergunakan. Contoh : aplikasi pemakai sistem komputer secara bersama untuk pengembangan perangkat lunak (software), perhitungan, rekayasa, pengolah kata (word processing), CAD (computer aided design), dan sebagainya.

e. Bidang Remote Job Entry
Remote Job terminal mengirimkan program atau data (teks) untuk disimpan ke komputer pusat tempat data diproses. Program itu akan dikerjakan secara batch, yaitu diolah setelah gilirannya tiba. Contoh : aplikasi yang menggunakan peralatan sistem komputer yang tempatnya berjauhan.

f. Bidang Real Time Data Processing and Process Control
Hasil proses dikehendaki dalam waktu yang sesuai dengan kepentingan proses tersebut (real time). Contoh : aplikasi pengaturan peralatan industri, sistem kendali proses, sistem telekomunikasi, dsb.

g. Bidang Data Exchange Among Computer.
Pertukaran data berupa program, file dan sebagainya antar sistem komputer. Pada aplikasi ni data yang dipertukarkan jumlahnya banyak dan waktu yang dikehendaki singkat sekali)


PEDOMAN PENSKORAN


1.     Uraikan  pengertian komunikasi suara dan komunikasi data !!!
a) Jika menjawab pengertian komunikasi suara dan data dengan benar skor  4
b) Jika menjawab hanya pengertian komunikasi suara/hanya komunikasi data dengan benar skor  3
c) Jika menjawab hanya pengertian komunikasi suara/hanya komunikasi data dengan kurang lengkap skor   2
d) Jika menjawab pengertian komunikasi suara/komunikasi data dengan benar skor   1

2)    Uraikan 7 (tujuh) Bidang operasi komunikasi data  !!!
a) Jika menjawab 7 Bidang operasi komunikasi data  dengan benar skor  4
b) Jika menjawab 5 Bidang operasi komunikasi data  dengan benar skor  3
c) Jika menjawab 3 Bidang operasi komunikasi data  dengan benar skor  2
d) Jika menjawab 1 Bidang operasi komunikasi data  dengan benar skor  1

         Rumus pengolahan Nilai adalah            Nilai     =    jumlah skor yang diperoleh      x   100
                                                                                                     Jumlah skor maksimal

           Skor maksimal =  8


PENGOLAHAN NILAI PENGETAHUAN

Mata Pelajaran      :   Teknologi Layanan Jaringan
KD                         :   Memahami aspek-aspek teknologi komunikasi data dan suara
Kelas                     :    XI TKJ

No
Nama Siswa

Penugasan
UH
UTS
UAS
Total Bobot
Total skor
Skor
akhir
Bobot
1
3
2
2
1

Skor







Total




2

Skor







Total





Keterangan  :
·        Skor                =   Nilai yang di peroleh peserta didik
·        Total               =   Skor  x  Bobot
·        Total Bobot   =   Jumlah bobot dari nilai peserta didik
·        Total Skor      =   Seluruh total dari Penugasan + UH + UTS + UAS
·        Skor Akhir      =  Total skor : Total bobot

Predikat
Nilai
Amat Baik (A)
88< A 100
Baik (B)
75< B  87
Cukup (C)
62< C  74
Kurang (D)
 62









                                                       Penilaian Ranah Keterampilan

Instrumen dan Pedoman Penilaian Keterampilan

Mata Pelajaran                       :  Teknologi Layanan Jaringan
KD                                :  Menalar aspek-aspek teknologi komunikasi data dan suara
Nama Siswa/Kelp       :  ______________________               Kelas  :    X TKJ
           
No
Aspek
Skor (1 – 4)
Kreteria SKOR
1.
Perencanaan:
a. Persiapan



Skor 4   =   Tidak ada kesalahan
Skor 3   =   Ada sedikit kesalahan
Skor 2   =   Ada banyak kesalahan
Skor 1   =   Tidak melakukan

Skor maksimum :   32
2.




Pelaksanaan :
a. Sistematika Kegiatan
b. Keakuratan Informasi
c. Kuantitas Sumber Data
d. Analisis Data
e. Penarikan Kesimpulan

3.
Presentasi  :
a. Performans
b. Penguasaan




  Rumus pengolahan Nilai adalah            Nilai     =    jumlah skor yang diperoleh      x   100
                                                                                               Jumlah skor maksimal
PENGOLAHAN NILAI KETERAMPILAN

Mata Pelajaran                       :  Teknologi Layanan Jaringan
KD                                :  Menalar aspek-aspek teknologi komunikasi data dan suara

No.
Nama Siswa
PROSES
Bobot : 1
PRODUK
Bobot : 1
PROYEK
Bobot : 2
TOTAL
Bobot
Total Skor
Skor Akhir
Pred
P1
P2
P1
P2
P1
P2
1











2
























Ket :

·       Skor di peroleh dari nilai optimum komponen keterampilan masing-masing peserta didik
·       Total bobot  =  jumlah bobot dari nilai peserta didik
·       Total skor     =  jumlah skor  yg di peroleh setiap komponen keterampilan setelah di kali bobot
·       Skor akhir     = Total skor : Total bobot 



2. ANALISIS HASIL PENILAIAN

Mata Pelajaran          :  Teknologi Layanan Jaringan
Kelas / Prog. Study   :  XI TKJ
Jenis Tes                     :  Essay
Hari / Tgl                    :
Jumlah siswa             :
Semester                    :
Tahun Pelajaran        :  2017 / 2018

No
Nama Siswa
Nomor soal & skor maksimal
Jumlah skor
Nilai
( x )
%
Ketercapaian
Ketuntasan
Belajar
1
2

Ya
Tidak
50
50

100
1









2









3









…..









Jumlah skor dicapai siswa








Jumlah skor maks








% skor tercapai








Tidak Lanjut








Ketuntasan (%)












Ulangan Harian KD 3.4
 





Soal
score


1.         Uraikan pengertian komunikasi data dan suara  
2.         Uraikan tujuan dari komunikasi data
3.         Uraikan 3 komponen komunikasi data
4.         Uraikan bidang – bidang komunikasi data
5.         Uraikan 5 contoh komunikasi suara

20
20
20
20
20


3.  PEMBELAJARAN REMEDIAL DAN PENGAYAAN ( terlampir )

I.           Alat, Bahan, Media, dan Sumber Belajar
·           Bahan / alat                         :   Spidol, handout, Job sheet
·           Media                      :   LCD proyektor, laptop, bahan tayang, buku referensi
·           Sumber belajar        :  
  -   Modul Pembinaan karir kompetensi B Teknik Komputer dan Jaringan “komunikasi Data VOIP” Supriyanto, S.T., M.T.  Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2017
http://komunikasi-data.tkjsmk.net/2014/08/standar-komunikasi-data.html





Mengetahui,                                                             Lhokseumawe,       Juli 2017
Kepala Sekolah                                                        Guru Mata Pelajaran
 



Armiya, S. Pd. MM                                                 Endah Suciandari, S.Si
Nip. 19670708 199103 1 004                                NIP. 19790814 201003 2 002









 

Komentar

  1. Permisi ibu bapa, sebelumnya mohon maaf kalau ada yg berbaik hati mau berbagai silabus dan rpp mapel produktif tkj kurikulum 2013 versi revisi ke email saya aryaputra.1997@outlook.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://www.tkjsmk.net/2017/06/download-silabus-produktif-tkj-2017.html

      Hapus
  2. mohon maaf bsa diirimkan ke email saya nurfahmisaharuddin53@gmsil.com rpp.x
    ato bagi LInk.x untuk RPP.nya????

    BalasHapus
  3. KIRANYA TUHAN MEMBERKATI KEBAIKAN HATI ANDA ,SEHINGGA AKU TIDAK SUSAH SUSAH NYUSUN RPP,

    BalasHapus
  4. mohon maaf untuk kd yang lain bisa saya lihat dimana ya?

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum wr.wb bu, boleh nggak di kirimkan ke email saya : arnashariarif49@gmail.com rpp teknologi layanan jaringan kelas 2 mulai KD 3.1 s.d KD 3.17. terima kasih

    BalasHapus
  6. mohon maaf bolehkah sy meminta silabus dan Rpp ini? bisa di kirim di e-mail marlindaokra005@gmail.com
    terima kasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP K-13 Teknologi Layananan Jaringan

Project Work Komunikasi Data Komputer Pada Jaringan Lan Via Media Nirkabel oleh Endah Suciandari