RPP Teknologi Layanan Jaringan
(KD 3.4 dan 4.4)
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMK NEGERI 1 LHOKSEUMAWE
|
Kelas/Semester
|
:
|
XI / I
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Teknologi Layanan Jaringan
|
Materi Pembelajaran
|
:
|
Aspek – Aspek Teknologi Komunikasi Data dan Suara
|
Alokasi Waktu
|
:
|
12 X 45 MENIT ( 2 X PERTEMUAN)
|
A.
Kompetensi Dasar
3.4. Memahami aspek-aspek
teknologi komunikasi data dan suara .
4.4. Menalar aspek-aspek
teknologi komunikasi data dan suara
B.
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.4.1. menguraikan pengertian komunikasi suara dan
komunikasi data.
3.4.2. mengelompokkan bidang-bidang komunikasi data
4.4.1. mempresentasikan
pengertian komunikasi suara dan komunikasi data
4.4.2. menunjukkan
bidang-bidang komunikasi data
C.
Tujuan Pembelajaran
Berdasarkan pemberian fasilitas belajar di kelas, diharapkan :
1.
Melalui buku referensi
peserta didik mampu menguraikan pengertian komunikasi suara dan komunikasi dataMelalui
tanya jawab peserta didik bahan yang digunakan dalam perakitan komputer secara lugas
2. Melalui diskusi peserta didik mampu mengelompokkan
bidang-bidang komunikasi data
3. Melalui media presentasi peserta didik mampu mempresentasikan
pengertian komunikasi suara dan komunikasi data.
4. Melalui contoh peserta
didik mampu menunjukkan bidang-bidang komunikasi data.
D.
Materi
Pembelajaran
1. Pengertian komunikasi suara dan komunikasi data.
2. Bidang-bidang komunikasi data.
E.
Pendekatan, Model dan Metode Pembelajaran
·
Pendekatan : Study center (berpusat pada siswa)
·
Model Pembelajaran : Discovery Learning
·
Metode : Paparan, diskusi, Tanya jawab, presentasi
F.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi, motivasi dan
apersepsi
· Ketua
kelas memimpin do’a pada saat pembelajaran akan dimulai
· Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai peserta didik
· Guru
menjelaskan manfaat penguasan kompetensi dasar ini sebagai modal awal untuk
menguasai pasangan kompetensi dasar lainnya yang tercakup dalam mata Teknologi
Layanan Jaringan
· Menjelaskan
model pembelajaran dan teknik penilaian yang digunakan serta metodanya.
|
20 Menit
|
Kegiatan
Inti
|
1. STIMULATION
(SIMULASI/PEMBERIAN RANGSANGAN)
·
Guru menayangkan
Video/gambar dalam Pengertian komunikasi
suara dan komunikasi data
·
Peserta
didik mendengarkan dan memperhatikan tentang materi yang disampaikan oleh
guru
·
Peserta
didik bertanya pada teman atau guru tentang materi yang di sampaikan oleh
guru
2. PERNYATAAN / IDENTIFIKASI MASALAH
·
Guru membagikan handout
tentang Pengertian komunikasi
suara dan komunikasi data
·
Peserta
didik melakukan observasi tentang Pengertian komunikasi
suara dan komunikasi data
·
Guru mengarahkan
siswa untuk menguraikan tentang Pengertian komunikasi
suara dan komunikasi data
3. DATA
COLLETION (PENGUMPULAN DATA)
· Guru mengarahkan peserta didik mengumpulkan berbagai informasi tentang Pengertian komunikasi suara dan komunikasi data melalui dalam masing masing kelompok
·
Peserta
didik secara berkelompok berdiskusi mengenai Pengertian komunikasi suara dan komunikasi
·
Peserta
didik menggali berbagai informasi tentang Pengertian komunikasi suara dan komunikasi data
4. VERIFICATION
(PEMBUKTIAN)
·
Peserta
didik melakukan pengujian terhadap Pengertian komunikasi
suara dan komunikasi data
·
Peserta
didik mempresentasi hasil pengamatan Pengertian komunikasi
suara dan komunikasi data
5. GENERALIZATION
(MENARIK KESIMPULAN)
·
Peserta
didik membuat simpulan tentang presentasi yang telah di buat.
·
Peserta
didik mengamati dan memberi tanggapan
·
Guru memberi
masukan
·
Guru memberi
penguatan dan melengkapi kesimpulan
|
120 Menit
120 Menit
|
Penutup
|
Rangkuman, refleksi, tes dan tindak
lanjut
·
Peserta didik menanyakan
hal yang masih ragu dan melaksanakan evaluasi
·
Guru membantu peserta didik untuk
menjelaskan hal-hal yang diragukan sehingga informasi menjadi benar dan tidak
terjadi kesalahpahaman terhadap materi
·
Peserta didik
menyimpulkan materi dibawah bimbingan guru.
·
Guru melaksanakan
penilaian pengetahuan melalui tes tertulis
·
Guru memberi tugas
tindak lanjut untuk pertemuan selanjutnya.
·
Guru mengakhiri
kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
|
40 Menit
|
Pertemuan ke 2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi, motivasi dan
apersepsi
· Ketua
kelas memimpin do’a pada saat pembelajaran akan dimulai
· Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai peserta didik
· Guru
menjelaskan manfaat penguasan kompetensi dasar ini sebagai modal awal untuk
menguasai pasangan kompetensi dasar lainnya yang tercakup dalam mata
Teknologi Layanan Jaringan
· Menjelaskan
model pembelajaran dan teknik penilaian yang digunakan serta metodanya.
|
20 Menit
|
Kegiatan
Inti
|
1. STIMULATION
(SIMULASI/PEMBERIAN RANGSANGAN)
·
Guru menayangkan
Video/gambar dalam Bidang-bidang
komunikasi data
·
Peserta
didik mendengarkan dan memperhatikan tentang materi yang disampaikan oleh
guru
·
Peserta
didik bertanya pada teman atau guru tentang materi yang di sampaikan oleh
guru
2. PERNYATAAN / IDENTIFIKASI MASALAH
· Guru membagikan
handout tentang Bidang-bidang
komunikasi data
·
Peserta
didik melakukan observasi tentang Bidang- bidang
komunikasi data
·
Guru mengarahkan
siswa untuk menguraikan tentang Bidang-bidang
komunikasi data
3. DATA
COLLETION (PENGUMPULAN DATA)
· Guru mengarahkan peserta didik mengumpulkan berbagai informasi tentang bidang-bidang komunikasi data melalui dalam masing masing kelompok
·
Peserta
didik secara berkelompok berdiskusi mengenai Bidang-bidang komunikasi data
Peserta didik menggali berbagai informasi Bidang-bidang
komunikasi data
4. VERIFICATION
(PEMBUKTIAN)
·
Peserta
didik melakukan pengujian terhadap Bidang-bidang
komunikasi data
Peserta didik mempresentasi hasil pengamatan mengenai
Bidang-bidang komunikasi data
5. GENERALIZATION
(MENARIK KESIMPULAN)
Peserta
didik membuat simpulan tentang presentasi yang telah di buat.
Peserta
didik mengamati dan memberi tanggapan
Guru memberi
masukan
Guru memberi
penguatan dan melengkapi kesimpulan
|
120 Menit
120 Menit
|
Penutup
|
Rangkuman, refleksi, tes dan tindak
lanjut
·
Peserta didik menanyakan
hal yang masih ragu dan melaksanakan evaluasi
·
Guru membantu peserta didik untuk
menjelaskan hal-hal yang diragukan sehingga informasi menjadi benar dan tidak
terjadi kesalahpahaman terhadap materi
·
Peserta didik
menyimpulkan materi dibawah bimbingan guru.
·
Guru melaksanakan
penilaian pengetahuan melalui tes tertulis
·
Guru memberi tugas
tindak lanjut untuk pertemuan selanjutnya.
·
Guru mengakhiri
kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
|
40 Menit
|
1. INSTRUMEN DAN TEKNIK PENILAIAN
Penilaian
Ranah Pengetahuan
KISI
KISI SOAL
|
||||
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
No. Soal
|
Bentuk Soal
|
Memahami aspek-aspek teknologi komunikasi data dan
suara
|
Aspek – aspek
komunikasi data dan suara
· Pengertian komunikasi suara dan komunikasi
data
· Bidang-bidang komunikasi data
|
1. Siswa dapat menguraikan
pengertian komunikasi data dan suara
2. Siswa dapat menguraikan bidang – bidang
operasi komunikasi data
|
1
2
|
Uraian
Uraian
|
SOAL
|
||||
Jawablah
pertanyaan berikut dengan singkat dan jelas
1. Uraikan
pengertian komunikasi suara dan komunikasi data !!!
2. Uraikan 7 (tujuh) Bidang operasi komunikasi data !!!
|
KUNCI
JAWABAN
|
1. Pengertian
komunikasi suara dan komunikasi data
Ø Merupakan jenis
komunikasi yang paling umum digunakan berupa informasi yang disampaikan
melalui perantara suara untuk didengarkan.
Ø Pengertian
komunikasi data : merupakan
gabungan dari teknik telekomunikasi dengan teknik pengolahan data.
-
Telekomunikasi
adalah segala kegiatan yang berhubungan dengan penyaluran informasi
dari titik ke titik yang lain.
-
Pengolahan
data adalah segala kegiatan yang berhubungan dengan pengolahan data; Gabungan
kedua tehnik ini selain disebut dengan komunikasi data juga disebut dengan
teleprocessing (pengolahan jarak jauh);
Ø Secara umum komunikasi data
dapat dikatakan sebagai proses pengiriman informasi (data) yang telah diubah
dalam suatu kodetertentu yang telah disepakati melalui media listrik atau
elektro-optik dari titik ke titik yang lain;
Ø
Sistem
komunikasi data adalah jaringan fisik dan fungsi yang dapat mengakses
komputer untuk mendapatkan fasilitas seperti menjalankan program, mengakses
basis data, melakukan komunikasi dengan operator lain, sedemikian rupa
sehingga semua fasilitas berada pada terminalnya walaupun secara fisik berada
pada lokasi yang terpisah
2. Bidang-bidang Operasi
Komunikasi Data
a.
Bidang Data Collection
Data
dapat dikumpulkan dari beberapa tempat (remote station),disimpan dalam memori
dan pada waktu - waktu tertentu data tersebut akan diolah.Contoh : aplikasi
inventori, penggajian, dll.
b.
Bidang Inquiry and Response
Pemakai
dapat mengakses langsung ke file atau program. Data yang didikirimkan ke sistem Komputer
dapat langsung diproses dan hasilnya dapat segera diberikan. Bila pemakai
melakukan dialog dengan komputer maka sistem semacam ini disebut interaktif.
Contoh : aplikasi perbankan, pembayaran dipertokoan.
c.
Bidang Storage and Retrival
Data
yang sebelumnya disimpan dalam komputer dapat diambil sewaktu - waktu oleh
pihak yang berkepentingan. Contoh : aplikasi Message Switcing dan E-Mail.
d.
Bidang Time Sharing
Sejumlah
pemakai dapat mengerjakan programnya secara bersama-sama.Setiap pemakai
diberikan kesempatan untuk bekerja selama jangka waktu tertentu yang tetap
besarnya, setelah itu pemakai lain akan mendapatkan kesempatan. Kalau terlalu
banyak data yang harus dikerjakan dalam satu satuan waktu fasilitas roll
in-roll out harus dipergunakan. Contoh : aplikasi pemakai sistem komputer
secara bersama untuk pengembangan perangkat lunak (software), perhitungan,
rekayasa, pengolah kata (word processing), CAD (computer aided design), dan
sebagainya.
e.
Bidang Remote Job Entry
Remote
Job terminal mengirimkan program atau data (teks) untuk disimpan ke komputer
pusat tempat data diproses. Program itu akan dikerjakan secara batch, yaitu
diolah setelah gilirannya tiba. Contoh : aplikasi yang menggunakan peralatan
sistem komputer yang tempatnya berjauhan.
f.
Bidang Real Time Data Processing and Process Control
Hasil
proses dikehendaki dalam waktu yang sesuai dengan kepentingan proses tersebut
(real time). Contoh : aplikasi pengaturan peralatan industri, sistem kendali
proses, sistem telekomunikasi, dsb.
g.
Bidang Data Exchange Among Computer.
Pertukaran
data berupa program, file dan sebagainya antar sistem komputer. Pada aplikasi
ni data yang dipertukarkan jumlahnya banyak dan waktu yang dikehendaki
singkat sekali)
|
PEDOMAN
PENSKORAN
|
1. Uraikan pengertian komunikasi suara dan komunikasi
data !!!
a) Jika menjawab pengertian
komunikasi suara dan data
dengan benar skor 4
b)
Jika menjawab hanya pengertian komunikasi suara/hanya komunikasi
data dengan
benar skor 3
c)
Jika menjawab hanya pengertian komunikasi suara/hanya komunikasi data dengan kurang
lengkap skor 2
d) Jika menjawab pengertian
komunikasi suara/komunikasi data
dengan benar skor 1
2) Uraikan 7 (tujuh) Bidang operasi komunikasi data !!!
a) Jika menjawab 7 Bidang operasi komunikasi data dengan benar skor 4
b) Jika menjawab 5 Bidang operasi komunikasi data dengan benar skor 3
c) Jika menjawab 3 Bidang operasi komunikasi data dengan benar skor 2
d) Jika menjawab 1 Bidang operasi komunikasi data dengan benar skor 1
Rumus pengolahan Nilai adalah Nilai = jumlah skor yang diperoleh x
100
Jumlah skor maksimal
Skor maksimal = 8
|
PENGOLAHAN
NILAI PENGETAHUAN
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata
Pelajaran : Teknologi
Layanan Jaringan
KD : Memahami
aspek-aspek teknologi komunikasi data dan suara
Kelas : XI TKJ
Keterangan :
·
Skor =
Nilai yang di peroleh peserta didik
·
Total =
Skor x Bobot
·
Total Bobot
= Jumlah bobot dari nilai peserta didik
·
Total Skor
= Seluruh total dari Penugasan
+ UH + UTS + UAS
·
Skor Akhir
= Total skor : Total bobot
|
Penilaian
Ranah Keterampilan
Instrumen dan
Pedoman Penilaian Keterampilan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran
: Teknologi Layanan Jaringan
KD
: Menalar
aspek-aspek teknologi komunikasi data dan suara
Nama
Siswa/Kelp : ______________________ Kelas : X TKJ
Rumus pengolahan Nilai adalah Nilai = jumlah skor yang diperoleh x
100
Jumlah skor maksimal
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
PENGOLAHAN
NILAI KETERAMPILAN
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran : Teknologi Layanan Jaringan
KD : Menalar aspek-aspek
teknologi komunikasi data dan suara
Ket :
·
Skor di peroleh dari nilai optimum komponen keterampilan masing-masing
peserta didik
·
Total bobot = jumlah bobot dari nilai peserta didik
·
Total skor = jumlah skor
yg di peroleh setiap komponen keterampilan setelah di kali bobot
·
Skor akhir = Total skor :
Total bobot
|
2. ANALISIS HASIL PENILAIAN
Mata Pelajaran : Teknologi Layanan Jaringan
Kelas / Prog. Study : XI TKJ
Jenis Tes : Essay
Hari / Tgl :
Jumlah siswa :
Semester :
Tahun Pelajaran : 2017 / 2018
No
|
Nama Siswa
|
Nomor soal
& skor maksimal
|
Jumlah skor
|
Nilai
( x )
|
%
Ketercapaian
|
Ketuntasan
Belajar
|
|||
1
|
2
|
Ya
|
Tidak
|
||||||
50
|
50
|
100
|
|||||||
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
3
|
|||||||||
…..
|
|||||||||
Jumlah skor
dicapai siswa
|
|||||||||
Jumlah skor maks
|
|||||||||
% skor tercapai
|
|||||||||
Tidak Lanjut
|
|||||||||
Ketuntasan (%)
|
Ulangan
Harian KD 3.4
|
Soal
|
score
|
|
1. Uraikan pengertian komunikasi data
dan suara
2. Uraikan tujuan dari komunikasi data
3. Uraikan 3 komponen komunikasi data
4. Uraikan bidang – bidang komunikasi
data
5. Uraikan 5 contoh komunikasi suara
|
20
20
20
20
20
|
3. PEMBELAJARAN REMEDIAL DAN
PENGAYAAN ( terlampir )
I.
Alat, Bahan, Media, dan Sumber Belajar
·
Bahan / alat : Spidol, handout, Job sheet
·
Media : LCD proyektor, laptop, bahan tayang, buku
referensi
·
Sumber belajar :
-
Modul Pembinaan karir kompetensi B Teknik Komputer dan Jaringan
“komunikasi Data VOIP” Supriyanto, S.T., M.T. Direktorat Jenderal Guru
dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2017
http://komunikasi-data.tkjsmk.net/2014/08/standar-komunikasi-data.html
Mengetahui, Lhokseumawe, Juli 2017
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Armiya, S. Pd.
MM Endah Suciandari, S.Si
Nip. 19670708 199103 1 004 NIP. 19790814 201003 2 002
|
Permisi ibu bapa, sebelumnya mohon maaf kalau ada yg berbaik hati mau berbagai silabus dan rpp mapel produktif tkj kurikulum 2013 versi revisi ke email saya aryaputra.1997@outlook.com
BalasHapushttp://www.tkjsmk.net/2017/06/download-silabus-produktif-tkj-2017.html
Hapusemang mantap bu endah
BalasHapusmohon maaf bsa diirimkan ke email saya nurfahmisaharuddin53@gmsil.com rpp.x
BalasHapusato bagi LInk.x untuk RPP.nya????
KIRANYA TUHAN MEMBERKATI KEBAIKAN HATI ANDA ,SEHINGGA AKU TIDAK SUSAH SUSAH NYUSUN RPP,
BalasHapusmohon maaf untuk kd yang lain bisa saya lihat dimana ya?
BalasHapusTerimakasih banyak pak..
BalasHapusAssalamualaikum wr.wb bu, boleh nggak di kirimkan ke email saya : arnashariarif49@gmail.com rpp teknologi layanan jaringan kelas 2 mulai KD 3.1 s.d KD 3.17. terima kasih
BalasHapusmohon maaf bolehkah sy meminta silabus dan Rpp ini? bisa di kirim di e-mail marlindaokra005@gmail.com
BalasHapusterima kasih